This blog is no longer updated pls post comment to http://yorissebastian.com

Thinking Out of the Box – Execute Inside the Box

Selamat Hari Ibu December 22, 2008

Filed under: marketing — yoris72sebastian @ 11:45 am
Tags: , , , , , , ,

Membaca koran di pagi hari sambil minum teh adalah sebuah ritual yang sudah saya lakukan sekian lama.  Walau karena derasnya kemajuan teknologi, sebenarnya pagi hari, saya (tepatnya) lebih membaca iklan.  Maklum google reader saya senantiasa mendapatkan news update sesuai berita kesukaan saya.

Jadi baca koran pagi sebenarnya lebih melihat iklan-iklan dan sepak terjang para marketer dalam membelanjakan iklan dari produk, brand ataupun partai (maklum tahun depan pemilu 😉 )

Hari ini adalah hari Ibu.  Yang saya perhatikan masih banyak iklan yang sifatnya retorika.  Wah kayaknya Indonesia memang anti krisis ya, puluhan juta bahkan ratusan juta dikeluarkan untuk iklan-iklan yang enak dilihat namun tidak memberi inspirasi baru.

Telco tampaknya sudah mulai pintar, tidak membuat iklan retorika, namun konsentrasi untuk natal dan tahun baru yang biasanya dihujani dengan kiriman ucapan selamat lewat SMS.

Thanks God.  Di halaman agak belakang ada juga iklan yang saya suka.  Yang pertama iklan Energen dengan Gerakan Sadar Sarapan Indonesia sebesar 3/4 halaman berwarna yang menampilkan Kezia C. Lukito Juara Skate Asia 2007 & 2008 mengucapkan terima kasih kepada Mama yang selalu mengingatkan untuk sarapan pagi, harus yang 4 sehat 5 sempurna.

picture-19

Lalu di halaman yang lebih belakang lagi (mudah-mudahan iklan bagus ini terbaca semua orang) adalah iklan ABC yang selain memberi ucapan selamat Hari Ibu juga sekaligus launch website mereka ABCculinaryacademy.com yang dipimpin oleh Bondan Winarno.

picture-20

2 iklan diatas yang menurut saya memanfaatkan secara pas, moment Hari Ibu dengan pemasangan iklan dan mudah-mudahan diikuti dengan berbagai kegiatan marketing lainnya menunjang hal tersebut.

iklan ABC sekaligus menunjukkan bahwa community marketing akhirnya makin dipilih oleh para marketer.  Better late than never 😉 (soalnya walau Bango sudah punya KOBAMA namun disini ABC masuk untuk semua produknya dan untuk semua masakan yang bersinggungan) dan mudah-mudahan website ini masuk ke era transformational rather than database or gathering community era. Semoga….

So, I don’t believe that ‘This is the End of Advertising as We Know It’ tapi iklan memang harus inspiratif… perlu kreatif memilih celah yang ada 😉

 

Leave a comment