This blog is no longer updated pls post comment to http://yorissebastian.com

Thinking Out of the Box – Execute Inside the Box

Salah Sambung – Program radio paling kreatif di 2008? December 28, 2008

picture-26

Tahun ini Gen FM boleh dibilang sangat fenomenal.  Awalnya menyasar kelas B dan C namun bukan hanya juara di kelas B dan C, kelas A juga mereka kuasai.

Salah satu faktor yang mengangkat prestasi tersebut adalah program super kreatif mereka berjudul Salah Sambung.  “Awalnya iseng aja pas siaran Semangat Pagi” tutur Ade Herlina di suatu event dimana saya jadi pembicara dan Ade sebagai MC.

Mungkin program iseng seperti sudah sering dilakukan berbagai radio, namun mereka kebanyakan live.  Sementara Salah Sambung tidak.  Yup, reverse the assumption… kalau common practice program jail kebanyakan live kita coba kebalikannya… taping dengan sound effect yang lebih seru.  Dan tentunya kehandalan Kemal yang dengan kocaknya tampil dengan berbagai aksen.

kemal-gen-fm

Selain itu mereka berpikir out of the box, mengambil ide dari MTV yang sering re-run program dan live program mereka dalam bit by bit.  Salah Sambung diputar seharian penuh… sehingga kalaupun kita missed premier nya di Semangat Pagi, masih akan dengar di jam-jam berikutnya.

Kalau program pagi lainnya 4 jam, Gen FM dengan Semangat Pagi cukup 3 jam dari jam 6 sampai 9 pagi.  Kalau radio lain bikin chart lagu lokal 20, mereka mengusung 30 lagu di Ganas (Tigapuluh Lagu Terpanas).  Kenapa panas? karena chartnya berubah setiap hari berdasarkan request, bukan berdasarkan MD alias Music Director.  User Generated era ditangkap dengan baik oleh Gen FM.

Dan kekuatan utama mereka adalah penyiar yang handal (konon bayarannya tertinggi di industri) dan lagu-lagu yang diputar berdasarkan request SMS dan internet dari sobat Gen.  “Kita rajin melakukan FGD terhadap pendengar, jadi kita tau lagu apa saja dan penyanyi siapa saja yang mereka mau” tutur Ricky Satwika, Group Program Director Gen FM dan Jak FM, saat saya bertemu untuk interview lagu Lentera Jiwa nya Nugie.

Di Gen FM, lagu ditentukan oleh sobat Gen. Sementara common practice, play list ditentukan oleh MD.  “Misalnya lagu Sempurna dari Andra & The Backbone, selama masih di request akan ada terus di playlist… padahal umur lagu tersebut udah lama” tambah Ricky.

Grand concept tadi ditambah lagi dengan prinsip mereka untuk tidak terlalu banyak iklan di setiap jamnya.  Info ini saya baca di majalah SWA saat interview dengan boss Gen FM.

Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang membuat Gen FM leading tahun ini, tapi saya simpan buat seminar aja deh 😉

Intinya harus kreatif dan terus ber-inovasi.  Jadi ingat, sobat deket saya Meuthia Kasim di awal-awal meluncurkan Hard Rock FM.  Prambors leading di 15-25 tahun sementara Trijaya leading di 25-40 tahun.  Hard Rock FM dengan berani bikin target market 20-30 😉 dan terbukti berhasil…

Dengan mahalnya harga investasi bikin radio… mudah-mudahan di 2009 perang kreativitas antar radio semakin seru tanpa perang harga 🙂

Advertisements
 

18 Responses to “Salah Sambung – Program radio paling kreatif di 2008?”

  1. Saya pribadi untuk segmen jam segitu tidak pernah dengar Salah Sambung. Saya selalu prefer GMHR di Hard Rock FM. Tapi bisa saya akui bahwa Gen FM cukup fenomenal untuk merangkul semua kalangan.

  2. Sama… saya juga lebih sering dengerin Pandji & Steny kalau kebetulan di mobil pagi-pagi… Kalau Salah Sambung saya sering dengar karena rajin di re-run di jam-jam berikutnya… Ini sebuah terobosan di industri radio di Indonesia… thinking out of the box with inside the box execution 😉

  3. sapto Says:

    Jangan-jangan konsultannya ente Ris..hehehe.
    Terus terang Gen FM, Salah Sambung merupakan common program untuk didengarkan bagi aku, sitri dan anak2, terutama kalo di mobil pas jalan bareng2.

  4. Kebetulan bukan… biasanya kalau memang OMG consultant-nya saya cantumkan di postingan tersebut dan saya masukkan category ‘my project’

    Sudah sempat ngobrol dengan sebuah radio sih… tapi agak sulit karena mereka tidak mau merubah target market yang beda dan friendly terhadap pemasang iklan… Jadi pelan2 aja sampai dapat sexy project yang bisa dibuat ‘Oh My Goodness’

    Untuk blog ini saya mencoba memberikan apresiasi untuk hal-hal yang creative dan innovative, tidak harus project yang saya tangani 🙂

  5. GenFM harus meng-appreciate Kemal, karena menurut saya Salah Sambung versi Kemal yang lebih “mengena”. Karena seingat saya dulu penyiar wanitanya juga ngerjain, tapi kurang ‘tega’.

    Faktor lainnya, tentu iklan yang relatif sedikit (tapi katanya paling mahal).

  6. Reza Says:

    Menurut gue program salah sambung itu STANDAR karna tema itu sebenarnya udah ada di beberapa radio lain, tapi memang kebanyakan mengenai Birthday, Graduation, etc (pokoknya yang sifatnya ceremonial). Dan kalau di dengerin terus GenFM, gue kok ngerasa bosen banget ya, karna lagu2nya itu2 aja, padahal mereka mengusung suara musik TERKINI tapi kok gue kaya dengerin suara musik TERKUNO (karna beberapa lagu yang dah 2 tahun laluan masih aja diputer), jadi sebenernya definisi TERKINI itu apa sih??

    Hal lain yang gue cari sebenernya dari sebuah Radio adalah Celotehan dari Penyiar alias ngobrol ngalor ngidul tapi tetep informatif dan menghibur, yang mana diGenFM ga banyak jadi banyakan lagu yang L4 (lu lagi lu lagi). Kalo kaya gitu mending gue langsung pasang MP3 jadi gue bisa denger lagu2 pilihan sesuka hati gue tanpa ada iklan.

    Radio yang ideal jadi pilihan gue saat ini adalah HardRock FM. Karna lagunya variatif dan penyiarnya jago ngemeng (bisa dibayangkan mereka yang tadinya ngomongin tentang be-ha langsung ke adlibs) tanpa harus meng-stereotype “ngondek” jka mau menghibur pendengar.

  7. vanya Says:

    tolong,kerjain cwo w yg namay dedi setiadi,besok dia ultah…yg k 24,dia itu org y cemburuan bgt,pokok y lo bikin dia cemburu bgt de ampe marah klo perlu,dia g bz liat w deket sm cwo pasti langsung kumat cemburu y,plz y kemal……..

  8. julia Says:

    hy ade n kemal
    w sneng bgt dngrin gen fm
    aplagi acra slah smbungny sumpah jail bgt dhe
    pkony jaya terus wat gen fm

  9. syafira Says:

    hmmm gw bngung..gmn cra daftarnya sii???ada yg tauu ga???

  10. syafira Says:

    gw kann pngen ngrjainn tmn gw..hehehe

  11. Bonny Octaviano Pesik Says:

    Hai Gen FM !
    Tolong kerjain teman g yg bernama Avis ( Agustina Virgo Suryani ). dia lahir tanggal 23 Agustus 1989 dan umurnya 21 tahun tahun ini. dia juga punya adik yg namanya mieke gemining. dia itu orangnya bocor abis dan klo dipuji semakin geer ( gede rasa ) plus bawel. dia itu kerja di sebuah pabrik seng di bekasi dan dia kerja di div. gudang ( pengecekan barang ).
    Buat Kemal tolong kerjain Avis sampai dia mati gaya dan gak bisa bicara satu katapun.

    • Bonny Octaviano Pesik Says:

      Hai Gen FM !
      Tolong kerjain teman g yg bernama Avis ( Agustina Virgo Suryani ). dia lahir tanggal 23 Agustus 1989 dan umurnya 21 tahun tahun ini. dia juga punya adik yg namanya mieke gemining. dia itu orangnya bocor abis dan klo dipuji semakin geer ( gede rasa ) plus bawel. dia itu kerja di sebuah pabrik seng di bekasi dan dia kerja di div. gudang ( pengecekan barang ).
      Buat Kemal tolong kerjain Avis sampai dia mati gaya dan gak bisa bicara satu katapun. Nomor hpnya : 021 91782355 or 08561020034

  12. BOY Says:

    sama, gak jugalah, programnya bagus kok…… keren……….. di Saga fm gue juga ngembangin program yg sama.

  13. ricky Says:

    saya sangat tertarik dhn acara salah sambung,sangat menghibur.Pst nya sgt seru bikin Emosi org yg dihub,Ok.Tapi bagaimana cara mereferensikan teman supaya masuk salah sambung?tlg ksh tau dong……Tks

  14. ricky Says:

    mas,saya mau referensikan teman untuk masuk salah sambung,bagaimana dong caranya..?

  15. Koes Says:

    gen fm top-top,. salah sambung? saya sering dengerin, buat ketawa2 klu lg dimobil, bagusnya lagi, bosku jadi suka dengerin juga, tiap ada salah sambung suruh gedein volumenya, sekarang tiapdimobil 98.7 gen fm saja,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s